Minggu, 17 Mei 2015

COLENAK

 
Resep Membuat Colenak Khas Bandung – Colenak adalah makanan ringan untuk menghilangkan rasa lapar sementara waktu. Kudapan ini juga acap kali disebut dengan tape bakar yang dibuat dari peuyeum atau tapai singkong. Pertama kali camilan ini dikenalkan oleh seorang pria bernama Aki Murdi di Bandung pada tahun 1930. Bandung adalah tempat pertama lahirnya hidangan ringan kepunyaan Indonesia ini.
Dalam teknik memasak, kandungan gula di dalam tapai mudah gosong. Tetapi siapa nyana, permukaan gosong dari tapai bakar atau colenak merupakan bagian terenak yang dinanti-nanti oleh lidah pecintanya. Jika Anda tinggal di Bandung, mudah menemukan penjual camilan ini. Anda bisa singgah sebentar untuk istirahat ke Colenak Murdi Putra di Jalan Ahmad Yani, Bandung.
Resep Kerak Telor Betawi Spesial Enak
Berawal dari Aki Murdi, resep colenak khas bandung mulai dikenal di beberapa daerah termasuk Jakarta, meski jumlahnya relatif kecil. Dalam penyajian colenak, biasanya disajikan wadah atau piring kecil yang di dalamnya terdapat gula jawa cair yang dicampur dengan kelapa serut, rasanya benar-benar nikmat.
Resep Colenak Khas Bandung
Jika Anda kesulitan mencari penjual colenak, coba saja membuatnya sendiri dengan mengikuti panduan resep colenak khas bandung berikut ini.
Bahan :
  • 600 gram tapai singkong
  • 50 gram margarin
  • 100 gram kelapa muda, diparut kasar
Bahan cocolan :
  • 200 ml santan dari 1/2 buah kelapa
  • 175 gram gula jawa, diiris halus
  • 2 lembar daun pandan, diikat pada bagian tengah
  • 1/4 sendok teh garam
Cara membuat colenak (peuyeum) asli Bandung :
  1. Gunakan tangan untuk memipihkan atau menggepengkan tapai singkong. Bakar dengan bara api sembari dioleskan dengan margarin hingga berwarna kecokelatan.
  2. Pembuatan saus: Rebus santan kelapa, gula jawa, daun pandan, dan garam. Aduk hingga semua bahan terlarut dalam santan.
  3. Tambahkan serutan kelapa muda. Aduk kembali hingga menjadi saus kental.
  4. Sajikan tape bakar (coenak) bersama saus atau dicocol menggunakan garpu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar